Rabu, 04 November 2009



Miss Indonesia Universe 1995 - 2010

1. Miss Indonesia Universe 1995
Susanty Manuhutu
Dalam ajang Miss Universe 1995, Susanty menjadi wakil Indonesia diajang yang dilaksanakan
di Windhoek Namibia, akan tetapi prestasi susanty diajang ini sangat buruk karena susanty
menempati posisi ke - 70 dari 82 negara yang mengikuti ajang tersebut. akan tetapi ini
merupakan debut pertama Indonesia kembali diajang Miss Universe setelah 12 tahun absent.

2. Miss Indonesia Universe 1996
Alya Rohalie
Tahun 1996, Indonesia mengirimkan wakilnya secara resmi lewat pemilihan Puteri Indonesia
1996 keajang Miss Universe 1996 untuk kedua kalinya. Ajang yang dilaksanakan di Las Vegas
Nevada, USA itu menuai Pro dan Kontra di Indonesia yang datang dari kalangan Pejabat
seperti penolakan keras dari ibu negara Ibu Tien Soeharto dan Menteri Peranan Wanita
Mien Sugandi yang mengecam keras pengiriman wakil Indonesia ke ajang bergengsi dengan
alasan kontes bikini yang tidak sesuai dengan moral bangsa. Akan tetapi Alya Rohalie selaku
Puteri Indonesia 1996 tetap mengikuti ajang tersebut. namun perjalanan Alya diajang itu
tidak berjalan mulus seiring dengan gagalnya ia menembus Top 10 semifinalist kala itu. Alya
berada diperingkat 67 dari 79 negara yang mengikuti kontes tersebut. dan tahun itu
merupakan terakhir kalinya Indonesia berkompetisi diajang Miss Universe karena alasan
Krisis Ekonomi yang melanda Indonesia hingga tahun 2000 sehingga pemilihan Puteri
Indonesia ditiadakan untuk sementara waktu sampai kembali lagi diselenggarakan pada tahun
2000 hingga sekarang. Akan tetapi dari tahun 2000 sampai tahun 2004 pemenangnya tidak
diikutkan dalam kompetisi Miss Universe seperti sebelum - sebelumnya. Namun dari tahun
2000 hingga sekarang pemenang Miss Universe selalu dihadirkan pada malam puncak
pemilihan Puteri Indonesia.

3. Miss Indonesia Universe 2005
Artika Sari Devi ( Puteri Indonesia 2004 )
Tahun 2005, Indonesia kembali berkompetisi diajang Miss Universe 2005 yang kala itu
diselenggarakan di Impact Arena, Bangkok Thailand. Pro dan Kontra pun mewarnai
keberangkatan Artika Sari Devi kala mengikuti ajang tersebut. Alhasil, walaupun adanya pro dan kontra mengenai keikutsertaannya, Artika berhasil menembus Top 15 Miss Universe 2005. Satu prestasi yang membanggakan Indonesia saat itu dimana wakil Indonesia merupakan satu - satunya negara Asia yang berhasil menjadi semifinalist bahkan mengalahkan kiprah tuan rumah Thailand. Keberhasilan Artika sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai wanita Indonesia pertama yang berhasil meraih trophy kemenangan sebagai Top 15 sepanjang sejarah Indonesia mengikuti ajang Miss Universe hingga sekarang.

4. Miss Indonesia Universe 2006
Nadine Chandrawinata ( Puteri Indonesia 2005 )
tahun selanjutnya tepatnya tahun 2006, Indonesia mengirimkan wakilnya untuk ke empat kalinya. kala itu wakil DKI Jakarta yang memenangkan Puteri Indonesia 2005 yakni Nadine Chandrawinata menjadi duta bangsa diajang Miss Universe 2006 yang diselenggarakan di kota Los Angeles, USA. Namun tahun itu wakil Indonesia tidak berhasil menembus semifinalist Top 20, bahkan untuk meraih awards saja Nadine harus kalah dengan Miss Japan yang memenangkan gelar Best National Costume, sementara Nadine hanya menempati posisi Runner Up 1 Best National Costume, sementara untuk Miss Congeniality iapun masih berada dibawah Miss Ghana yang berhasil meraih gelar Miss Congeniality. Kiprah Nadine diajang Miss Universe 2006 memang terbilang lumayan, berbagai perhatian saat ia mengikuti karantina tertuju padanya, bahkan ia berkali kali sempat difavoritkan untuk jadi pemenang dan berkali kali pula ia masuk dalam Leaderboard Miss Universe 2006. Akan Tetapi dimalam final ia berhasil dikalahkan Miss Etiophia, Dina Fekadu dan Miss Trinidad & Tobago Kenisha Thom yang nota bene memiliki kecantikan dibawah standar ketimbang Nadine.

5. Miss Indonesia Universe 2007
Agni Pratistha Arkadevi Kuswardhono ( Puteri Indonesia 2006 )
Ditahun 2006, Yayasan Puteri Indonesia melaksanakan pemilihan Puteri Indonesia yang dipersiapkan menjadi wakil Indonesia diajang Miss Universe 2007 yang diselenggarakan di Mexico City, Mexico. Kegagalan Nadine diajang Miss Universe 2006 membuat Yayasan Puteri Indonesia lebih selektif dalam memilih wakilnya yang akan berkompetisi diajang terbesar ke dua didunia. Namun dalam ajang yang diikuti oleh 77 negara termasuk Indonesia tidak membuat wakil Indonesia Agni Pratistha masuk menjadi semifinalist. padahal selama karantina Agni menjadi yang difavoritkan, bahkan kecantikan Agni dalam ajang Miss Universe 2007 diprediksikan bisa menembus jajaran Top 15 dan mengulang kembali kesuksesan yang diraih Artika Sari Devi ditahun 2005. Agni harus kalah bersaing dengan rekan - rekannya se Asia yakni Miss Thailand, Miss India, Miss Korea dan Miss Japan yang berhasil menjadi semifinalist, bahkan Korea dan Japan berhasil menembus Top 5. Bahkan Agni harus mengakui kelebihan Miss Tanzania Flaviana Matata wanita pertama yang menggunduli kepalanya diajang Miss Universe itu berhasil masuk sebagai finalist dan menduduki peringkat ke 6. Miss Japan Riyo Mori yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar prediksi pemenang Miss Universe 2007 dimalam final berhasil meraih mahkota kemenangan dan dinobatkan sebagai Miss Universe 2007 menggantikan kedudukan Juleyka Rivera Mendoza dari Puerto Rico sebagai Miss Universe 2006. Bahkan untuk awards Agni dikalahkan oleh wakil dari China yang berhasil meraih gelar Miss Congeniality dan Miss Philippines dinobatkan sebagai Miss Photogenic. sementara Agni sendiri hanya berhasil menjadi Runner Up 1 Miss Congeniality dan menduduki peringkat ke - 19 saat preliminary competition. Kompetisi tahun itu merupakan tahun keberuntungan negara negara di Asia.

6. Miss Indonesia Universe 2008
Puteri Raemawasti ( Puteri Indonesia 2007 )
Dua kali mengalami kegagalan diajang Miss Universe lantas tidak membuat yayasan puteri Indonesia patah arang. Buktinya ditahun 2008, Indonesia mengirimkan Putri Raemawasti pemenang Puteri Indonesia 2007 untuk berlaga diajang Miss Universe 2008 di kota Nha-trang, Vietnam. Raema yang semula berniat hanya menggunakan pakaian renang one piece diajang tersebut, mengingat pro dan kontra di Indonesia mengenai kontes tersebut, ternyata membuat suatu kejutan dimana pada saat preliminary swimsuit competition Raema tampil menggunakan pakaian renang two piece. Dengan kejutan yang dibuat Raema tersebut berarti ia adalah wanita kedua Indonesia diajang Miss Universe yang menggunakan two piece setelah Nadine Chandrawinata pada saat mengikuti ajang yang sama ditahun 2006. Namun kegagalan kembali harus dialami wakil dari Indonesia setelah dimalam final Raema tidak berhasil masuk dalam jajaran Top 15. Padahal selama karantina wakil Indonesia yang satu ini banyak mendapat pujian dari rakyat Vietnam karena kecantikan yang dimilikinya. Raema harus kalah bersaing dengan Miss Japan dan Miss Vietnam wakil dari Asia yang berhasil masuk sebagai semifinalist. Dengan begitu Raema menambah wakil Indonesia yang gagal dalam ajang Miss Universe.

7. Miss Indonesia Universe 2009
Zivanna Letisha Siregar ( Puteri Indonesia 2008 )
Tahun 2008, Yayasan Puteri Indonesia menggelar pemilihan Puteri Indonesia 2008. Kala itu wakil dari DKI Jakarta, Zivanna Letisha Siregar keluar sebagai pemenang mengalahkan kontestan - kontestan lain dari berbagai daerah di Indonesia. Zivanna yang lahir di Jakarta, 1 Februari 1989 itu menjadi wakil Indonesia diajang Miss Universe 2009 di Nassau, Bahamas. Seperti kontestan sebelum - sebelumnya dari Indonesia yang gagal diajang miss Universe, Zivanna pun mengalami hal yang sama. Padahal saat malam puncak penganugerahan Miss Universe 2009 Zivanna menempati rating no. 1 disitus resmi Miss Universe.com, namun kenyataan berbicara lain saat penganugerahan Zivanna tidak berhasil menembus Top 15, bahkan kekecewaan dirasakan oleh negara - negara di Asia yang tak satupun masuk sebagai semifinalist diajang Miss Universe 2009 itu. Sempat menjadi kontestan No. 1 dalam polling internet lantas tidak membuat Zivanna diperhitungkan dalam ajang tersebut. Namun dengan begitu kegigihan Zivanna harus kita akui bahwa dengan dia memperoleh Best Polling Internet berarti dunia mengakui kelebihan yang dimiliki Zivanna Letisha sebagai wakil dari Indonesia.

8. Miss Indonesia Universe 2010
Qory Sandrioriva ( Puteri Indonesia 2009 )
Setelah Zivanna berhasil menarik perhatian dunia lewat kelebihannya dalam ajang Miss Universe 2009 dan meraih Miss Favourite dalam ajang tersebut, akhirnya Zivanna harus menyerahkan mandatnya kepada Qory Sandrioriva, wanita Aceh pertama yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2009 dan akan mewakili Indonesia diajang Miss Universe 2010 nanti. Berbagai Pro dan Kontra dari masyarakat Aceh ketika Qory terpilih menjadi Puteri Indonesia 2009 dan keikutsertaannya keajang Miss Universe 2010.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar